RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Oleh
Resita
Devi Ermawati ( 13 141 116)
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI MADIUN
TAHUN
AKADEMIK 2014/2015
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN Gerih 4 Ngawi
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas I Semester : V/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
1 Menghargai berbagai peninggalan dan sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha, dan
Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa serta kegiatan ekonomi di
Indonesia
B.
Kompetensi Dasar
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan
budaya di Indonesia
C.
Indikator
kognitif
1. Menunjukkan pada peta persebaran daerah
asal suku bangsa di Indonesia
2. Mengidentifikasi keragaman
budaya yang terdapat di
Indonesia
3. Menyebutkan macam-macam suku bangsa di
Indonesia
Psikomotor
1. Mengembangkan sikap menghormati keragaman
suku bangsa dan budaya
Afektif
1. Bersikap jujur
2. Memiliki rasa tanggung jawab
3. Memilik ketelitian
4. Bersikap disiplin
D.
Tujuan
Pembelajaran
kognitif
1. Siswa mampu menunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
2. Siswa mampu mengidentifikasi
keragaman budaya yang terdapat di Indonesia
3. Siswa mampu menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
Psikomotor
1. Siswa mampu mengembangkan sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
Afektif
1.
Siswa mampu
Bersikap jujur
2.
Siswa
memiliki rasa tanggung jawab
3.
Siswa memilik
ketelitian
4.
Siswa
bersikap disiplin
E.
Materi Pokok
·
Keragaman
suku bangsa dan budaya di Indonesia
Suku bangsa adalah bagian dari suatu
bangsa. Suku bangsa mempunyai ciri-ciri mendasar tertentu. Ciri-ciri itu
biasanya berkaita dengan asal-usul dan kebudayaan
Ada beberapa ciri yang dapat
digunakan untuk mengenal suatu suku bangsa, yaitu: cirri fisik, bahasa, adapt
istiadat, dan kesenian yang sama. Contoh ciri fisik : warna kulit, rambut,
wajah, dan bentuk badan.
Ada 2 teori yang menyatakan asal mula
nenek moyang bangsa Indonesia, yaitu berasal dari daratan Cina Selatan, suku
bangsa Yunan dan berasal dari Nusantara (dari berasal dari luar tapi berkembang
dari Indonesia sendiri)
Keanekaragaman suku bangsa di Indonesia antara lain
disebabkan oleh:
1. Perbedaan Ras Asal
2. Perbedaan Lingkungan Geografis
3. Perbedaan Latar Belakang Sejarah
4. Perkembangan Daerah
5. Perbedaan Agama atau Kepercayaan, dan
6. Kemampuan Adaptasi atau Menyesuaikan Diri
Istilah budaya berasal dari bahasa
Sansekerta, yaitu Buddayah atau Buddhi yang berarti akal budi. Kebudayaan
berarti segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia.
Ada tiga bentuk kebudayaan, yaitu :
1. Kebudayaan dalam bentuk gagasan, antara lain: Ilmu
pengetahuan, adat istiadat dan peraturan
2. Kebudayaan dalam bentuk kebiasaan, antara lain:
cara mencari makan (mata pencaharian), tata cara pergaulan, tata cara
perkawinan, kesenian, dan bermacam-macam upacara tradisi.
3. Kebudayaan dalam bentuk benda-benda budaya, antara
lain: semua benda yang diciptakan oleh manusia, seperti alat-alat keperluan
sehari-hari, rumah, perhiasan, pusaka (senjata), kendaraan, dan lain-lain.
F. Alat Dan Sumber Bahan
Alat Peraga : ~ Peta persebaran keragaman suku bangsa dan
budaya di Indonesia
~ vidio
Sumber : Buku BSE IPS kelas V
G.
Langkah-Langkah Pembelajaran
·
Kegiatan awal (10
menit)
F
Salam
F Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama,
presensi, apersepsi dan kepercayaan masing-masing, untuk mengawali pelajaran.
F Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan
pembelajaran
·
Kegiatan inti (50
menit)
& Eksplorasi
F Guru menjelaskan dengan menggunakan peta
persebaran daerah asal suku bangsa di Indonesia
F Guru menjelaskan cara mengembangkan sikap
menghormati keragaman suku bangsa di Indonesia
F Mengidentifikasi keragaman budaya dan menyebutkan
macam-macam suku bangsa di Indonesia melalui gambar
F Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap
kegiatan pembelajaran
& Elaborasi
F Guru membagi siswa ke dalam 5 kelompok secara
heterogen
F Siswa melakukan Seleksi topik yang akan digunakan yang sebelumnya sudah
digambarkan oleh guru.
F Topik-topik yang
digunakan adalah nama daerah-daerah di indonesia
F Guru membagikan LKS kepada tiap-tiap kelompok
F Siswa mengamati vidio pembelajaran yang diputarkan
oleh guru
F Siswa merencanakan kerjasama dengan kelompoknya
dalam menyelesaikan tugas yang sudah dipilihnya
F Para siswa melaksanakan rencana yang telah dirumuskan sebelumnya
F Para siswa menganalisis dan mensintesis berbagai informasi yang
diperoleh dan merencanakan agar dapat diringkaskan dalam suatu penyajian yang
menarik di depan kelas.
F Semua kelompok menyajikan suatu presentasi yang menarik dari
berbagai topik yang telah dipelajari
& Konfirmasi
F Guru memberikan evaluasi
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
·
Kegiatan Penutup
(10menit)
F Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran
F Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan
hasil pembelajaran
F Guru menyuruh ketua kelas untuk memimpin doa
F Guru menutup pelajaran dengan salam
H. Penilaian
1. Tehnik penilaian : Tertulis
2. Bentuk tes : Essay
3. Prosedur Penilain : Proses dan Hasil
Lembar Kegiatan Siswa
A.
Indikator
1. Mengidentifikasi keragaman
budaya yang terdapat di
Indonesia
B.
Tujuan
1. Siswa dapat mengidentifikasi keragaman budaya yang
terdapat di indonesia
C.
Alat dan Bahan
1. Vidio pembelajaran
2. Alat tulis
D.
Langkah-langkah
1. Amatilah vidio yang di sajikan oleh guru
2. Tuliskan apa yang anda amati pada data pengamatan
E.
Data Pengamatan
No
|
Nama Daerah
|
Suku
|
Rumah Adat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
F.
Simpulan
Dari data di atas ada ............
suku bangsa di indonesia. Di daerah sumatra barat ada suku .................
dengan rumah adat ................... Di jakarta ada suku ................
dengan rumah adat ............... Di bali ada suku ........... dengan rumah
adat ........... Di maluku ada suku ............. dengan rumah adat ................
di sulawesi utara ada suku .............. dengan rumah adat ..................
Jadi indonesia adalah negara yang kaya
akan ................... dan kita harus saling ..................... dan
..................
Lembar Penilaian
a. Prosedur penilaian
o
Aspek Kognitif, Alat
ukurnya Tes.
o
Aspek Psikomotor
o
Aspek afektif
b. Alat Penilaian
@ PENILAIAN KOGNITIF
Indikator Penilaian
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
1.
Menunjukkan pada peta persebaran daerah asal suku
bangsa di Indonesia
2.
Mengidentifikasi keragaman budaya
yang terdapat di Indonesia
3.
Menyebutkan macam-macam suku bangsa di Indonesia
|
Individu
|
1.
Dimana letak suku dayak?
2.
Dimana
letak suku badui?
3.
Ada
berapa saja budaya yang ada di indonesia?
4.
Sebutkan
rumah adat yang ada di pulau sumatra!
5.
Sebutkan macam
suku bangsa yang ada di indonesia!
|
Nilai =
![]() |
@ PENILAIAN AFEKTIF
No
|
Nama Siswa
|
Penilaian
|
|||||||||||||||
Kejujuran
|
Tanggung jawab
|
Ketelitian
|
Keaktifan
|
||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
N=
![]() |
Aspek yang dinilai
|
Pen skoran
|
Kriteria
|
Jujur
|
4
3
2
1
|
Sangat jujur
Jujur
Kurang jujur
Tidak jujur
|
Tanggung jawab
|
4
3
2
1
|
Sangat
tanggung jawab
Tanggung jawab
Kurang
tanggung jawab
Tidak tanggung
jawab
|
Teliti
|
4
3
2
1
|
Sangat teliti
Teliti
Kurang teliti
Tidak teliti
|
Aktif
|
4
3
2
1
|
Sangat aktif
Aktif
Kurang aktif
Tidak aktif
|
@ penilaian psikomotor
Kriteria
|
Terampil
|
Mampu
|
Total
|
Baik (skor 5)
|
|
|
|
Cukup (skor 4)
|
|
|
|
Kurang (skor 3)
|
|
|
|
Nilai = Total x 5 = (Max 50)
|
@ LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Kognitif
|
Psikomotor
|
Afektif
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
@ Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial
Mengetahui .............,
......................20 ...
Kepala Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar