RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SDN Gerih 4 Ngawi
Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu
Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester : V (lima) /II (Dua)
Alokasi
Waktu : 2x35 menit
A.
Standart
Kompetensi
5.
Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya
B.
Kompetensi
Dasar
5.2
Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan
lebih cepat
C.
Indikator
Pertemuan 1
Ø Kognitif
1. Menjelaskan
pengertian pesawat sederhana
2. Menyebutkan
berbagai jenis pesawat sederhana
Ø Psikomotor
1.
Mengidentifikasi cara kerja dari
pengungkit jenis ke-dua
Ø Afektif
1.
Teliti, jujur dan bertanggung jawab
dalam mengerjakan tugas
2.
Aktif dalam menyumbangkan ide atau
berpendapat untuk mengerjakan tugas
3.
Berperilaku dan berkata sopan
4.
Saling bekerjasama dengan baik
Pertemuan II
Ø Kognitif
1. Menggolongkan
berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
2. Menyebutkan
berbagai kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.
3. Mendemonstrasikan
cara menggunakan pesawat sederhana.
Ø Psikomotor
1.
Melakukan percobaan untuk membuat pesawat sederhana
Ø Afektif
1. Teliti,
jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2. Aktif
dalam menyumbangkan ide atau berpendapat untuk mengerjakan tugas
3. Berperilaku
dan berkata sopan
4. Saling
bekerjasama dengan baik
D.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan I
Ø Kognitif
1. Melalui
penjelasan siswa dapat menjelaskan pengertian pesawat sederhana
2. Melalui
penjelasan dan gambar siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pesawat sederhana
Ø Psikomotor
1. Melalui
percobaan siswa dapat mengidentifikasi cara kerja dari pengungkit jenis ke-dua
Ø Afektif
1. Melalui
kegiatan berkelompok siswa dapat bekerja dengan teliti, jujur, dan bertanggung
jawab dalam mengerjakan tugas
2. Melalui
kegiatan berkelompok siswa dapat memberikan ide atau berpendapat untuk
mengerjakan tugas
3. Melalui
kegiatan berkelompok siswa dapat berperilaku dan berkata sopan
4. Melalui
kegiatan berkelompok siswa dapat saling bekerjasama dengan baik
Pertemuan II
Ø Kognitif
1. Siswa
dapat menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring,
katrol, dan roda.
2. Siswa
dapat menyebutkan kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.
3. Dengan
kerja kelompok siswa dapat mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat
sederhana.
Ø Psikomotor
1.
Melalui percobaan siswa dapat membuat pesawat
sederhana
Ø Afektif
1. Melalui
kegiatan berkelompok siswa dapat bekerja dengan teliti, jujur, dan bertanggung
jawab dalam mengerjakan tugas
2. Melalui
kegiatan berkelompok siswa dapat memberikan ide atau berpendapat untuk
mengerjakan tugas
3. Melalui
kegiatan berkelompok siswa dapat berperilaku dan berkata sopan
4. Melalui
kegiatan berkelompok siswa dapat saling bekerjasama dengan baik
E.
Materi
Ada dua macam pesawat sederhana yaitu pesawat yang
rumit dan yang sederhana. Pesawat rumit
tersusun atas pesawat-pesawat sederhana. Pesawat sederhana adalah alat
yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Penggunaan pesawat
sederhana bertujuan untuk :
1.
Melipatgandakan gaya atau kemampuan
kita.
2.
Mengubah arah gaya yang kita lakukan.
3.
Menempuh jarak yang lebih jauh atau
memperbesar kecepatan
Jenis-jenis pesawat sederhana ada
pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda berporos.
F.
Metode
Pembelajaran
ü Percobaan
ü Diskusi
ü Inquiri
terbimbing
G.
Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
ü Gambar
dan benda konkrit
ü Buku
BSE IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V
ü LKS
1
ü LKS
2
ü LKS
3
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
I
Ø Awal
a.
Guru meminta siswa berdoa dan menanyakan kabar
siswa (Nilai yang
ditanamkan religius dan peduli)
b.
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
terkait materi yang akan disampaikan
Ø Pernah
kah kalian menggunakan gunting untuk membantu pekerjaan kalian?
Ø Pernahkah
kalian melihat orang tua kalian menggunakan pisau saat memasak?
Ø Kenapa
mereka menggunakan alat tersebut?
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai, yaitu tentang pesawat sederhana
Ø Inti
a.
Guru menjelaskan materi tentang pesawat
sederhana
b.
Guru menampilkan media pembelajaran berupa
gambar
c.
Guru bertanya jawab kepada siswa
mengenai hal-hal yang belum dipahami
d.
Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok
secara heterogen
e.
Guru membagikan LKS 1 kepada tiap-tiap
kelompok
f.
Guru membimbing siswa dalam melakukan
kegiatan
g.
Perwakilan kelompok maju ke depan untuk
mempresentasikan hasil diskusinya
h.
Guru membimbing siswa membuat kesimpulan
Ø Penutup
a.
Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui ketercapaian tujuan,misalnya apakah pengertian dari pesawat sederhana, dan apa
saja jenis-jenis pesawat sederhana?
b.
Guru memberikan motivasi kepada siswa
c.
Menutup pelajaran dengan berdoa
Pertemuan II
Ø Awal
a.
Guru meminta siswa berdoa dan menanyakan kabar
siswa (Nilai yang
ditanamkan religius dan peduli)
b.
Guru melakukan tanya jawab dengan siswa
terkait materi pertemuan sebelumnya
c.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dicapai
Ø Inti
a.
Siswa dibagi menjadi 5 kelompok secara
heterogen
b.
Guru menunjukkan media berupa gambar di
depan kelas
c.
Guru membagikan LKS 2 kepada siswa
d.
Siswa mengerjakan LKS 2 yang telah
diberikan
e.
Guru membimbing siswa dalam
menyelesaikan LKS yang telah diberikan
f.
Siswa menyampaikan hasil diskusi di
depan kelas
g.
Guru membagikan LKS 3
h.
Siswa melakukan percobaan dengan alat
dan bahan yang sudah disediakan
i.
Guru membimbing siswa dalam melakukan
percobaan dan mengisi LKS 3 yang telah diberikan
j.
Guru menyuruh perwakilan siswa dari
tiap-tiap kelompok untuk maju ke depan mempresentasikan hasil percobaan dan mendemonstrasikan
cara penggunaannya
Ø Penutup
a.
Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui ketercapaian tujuan,misalnya kegiatan apa saja yang dilakukan dengan menggunakan
pesawat sederhana?
b.
Guru meminta siswa
untuk membuat rangkuman
materi yang telah dipelajarinya
c.
Guru memberikan motivasi kepada siswa
d.
menutup pelajaran dengan berdoa
I. Penilaian
1.
Penilaian
sikap
2.
Penilaian
kerjasama
3.
Penilaian
diskusi
4.
Tes
tulis
ini LKSnya dimana ya gan?
BalasHapus