Read more: http://www.caraseoblogger.com/2013/11/cara-menambahkan-animasi-burung-twitter.html#ixzz3fDjw0KfN

dunia

city lights photo: lights output.gif

Senin, 29 Juni 2015

RPP IPA kelas V SD Pesawat Sederhana



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SDN Gerih 4 Ngawi
Mata Pelajaran            : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas/Semester            : V (lima) /II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35 menit

A.    Standart Kompetensi
5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi, serta fungsinya

B.     Kompetensi Dasar
5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat

C.    Indikator
Pertemuan 1
Ø Kognitif
1.      Menjelaskan pengertian pesawat sederhana
2.      Menyebutkan berbagai jenis pesawat sederhana
Ø Psikomotor
1.        Mengidentifikasi cara kerja dari pengungkit jenis ke-dua
Ø Afektif
1.        Teliti, jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.        Aktif dalam menyumbangkan ide atau berpendapat untuk mengerjakan tugas
3.        Berperilaku dan berkata sopan
4.        Saling bekerjasama dengan baik

Pertemuan II
Ø Kognitif
1.      Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
2.      Menyebutkan berbagai kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.
3.      Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana.
Ø Psikomotor
1.      Melakukan percobaan untuk membuat pesawat sederhana
Ø Afektif
1.      Teliti, jujur dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.      Aktif dalam menyumbangkan ide atau berpendapat untuk mengerjakan tugas
3.      Berperilaku dan berkata sopan
4.      Saling bekerjasama dengan baik



D.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
Ø Kognitif
1.      Melalui penjelasan siswa dapat menjelaskan pengertian pesawat sederhana
2.      Melalui penjelasan dan gambar siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pesawat sederhana
Ø Psikomotor
1.      Melalui percobaan siswa dapat mengidentifikasi cara kerja dari pengungkit jenis ke-dua
Ø Afektif
1.      Melalui kegiatan berkelompok siswa dapat bekerja dengan teliti, jujur, dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.      Melalui kegiatan berkelompok siswa dapat memberikan ide atau berpendapat untuk mengerjakan tugas
3.      Melalui kegiatan berkelompok siswa dapat berperilaku dan berkata sopan
4.      Melalui kegiatan berkelompok siswa dapat saling bekerjasama dengan baik

Pertemuan II
Ø Kognitif
1.      Siswa dapat menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda.
2.      Siswa dapat menyebutkan kegiatan yang menggunakan pesawat sederhana.
3.      Dengan kerja kelompok siswa dapat mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana.
Ø Psikomotor
1.         Melalui percobaan siswa dapat membuat pesawat sederhana
Ø Afektif
1.      Melalui kegiatan berkelompok siswa dapat bekerja dengan teliti, jujur, dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
2.      Melalui kegiatan berkelompok siswa dapat memberikan ide atau berpendapat untuk mengerjakan tugas
3.      Melalui kegiatan berkelompok siswa dapat berperilaku dan berkata sopan
4.      Melalui kegiatan berkelompok siswa dapat saling bekerjasama dengan baik

E.     Materi
Ada dua macam pesawat sederhana yaitu pesawat yang rumit dan yang sederhana. Pesawat rumit  tersusun atas pesawat-pesawat sederhana. Pesawat sederhana adalah alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Penggunaan pesawat sederhana bertujuan untuk :
1.      Melipatgandakan gaya atau kemampuan kita.
2.      Mengubah arah gaya yang kita lakukan.
3.      Menempuh jarak yang lebih jauh atau memperbesar kecepatan
Jenis-jenis pesawat sederhana ada pengungkit, bidang miring, katrol, dan roda berporos.

F.     Metode Pembelajaran
ü Percobaan
ü Diskusi
ü Inquiri terbimbing

G.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
ü Gambar dan benda konkrit
ü Buku BSE IPA Salingtemas 5 untuk SD/MI Kelas V
ü LKS 1
ü LKS 2
ü LKS 3

H.    Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Ø Awal
a.    Guru meminta siswa berdoa dan menanyakan kabar siswa (Nilai yang ditanamkan religius dan peduli)
b.    Guru melakukan tanya jawab dengan siswa terkait materi yang akan disampaikan
Ø  Pernah kah kalian menggunakan gunting untuk membantu pekerjaan kalian?
Ø  Pernahkah kalian melihat orang tua kalian menggunakan pisau saat memasak?
Ø  Kenapa mereka menggunakan alat tersebut?
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu tentang pesawat sederhana
Ø Inti
a.    Guru menjelaskan materi tentang pesawat sederhana
b.    Guru menampilkan media pembelajaran berupa gambar
c.    Guru bertanya jawab kepada siswa mengenai hal-hal yang belum dipahami
d.   Guru membagi siswa kedalam 6 kelompok secara heterogen
e.    Guru membagikan LKS 1 kepada tiap-tiap kelompok
f.     Guru membimbing siswa dalam melakukan kegiatan
g.    Perwakilan kelompok maju ke depan untuk mempresentasikan hasil diskusinya
h.    Guru membimbing siswa membuat kesimpulan
Ø Penutup
a.    Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui ketercapaian tujuan,misalnya apakah pengertian dari pesawat sederhana, dan apa saja jenis-jenis pesawat sederhana?
b.    Guru memberikan motivasi kepada siswa
c.    Menutup pelajaran dengan berdoa

Pertemuan II
Ø Awal
a.    Guru meminta siswa berdoa dan menanyakan kabar siswa (Nilai yang ditanamkan religius dan peduli)
b.    Guru melakukan tanya jawab dengan siswa terkait materi pertemuan sebelumnya
c.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai

Ø Inti
a.    Siswa dibagi menjadi 5 kelompok secara heterogen
b.    Guru menunjukkan media berupa gambar di depan kelas
c.    Guru membagikan LKS 2 kepada siswa
d.   Siswa mengerjakan LKS 2 yang telah diberikan
e.    Guru membimbing siswa dalam menyelesaikan LKS yang telah diberikan
f.     Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas
g.    Guru membagikan LKS 3
h.    Siswa melakukan percobaan dengan alat dan bahan yang sudah disediakan
i.      Guru membimbing siswa dalam melakukan percobaan dan mengisi LKS 3 yang telah diberikan
j.      Guru menyuruh perwakilan siswa dari tiap-tiap kelompok untuk maju ke depan mempresentasikan hasil percobaan dan mendemonstrasikan cara penggunaannya
Ø Penutup
a.    Guru mengajukan pertanyaan untuk mengetahui ketercapaian tujuan,misalnya kegiatan apa saja yang dilakukan dengan menggunakan pesawat sederhana?
b.    Guru meminta siswa untuk membuat rangkuman materi yang telah dipelajarinya
c.    Guru memberikan motivasi kepada siswa
d.    menutup pelajaran dengan berdoa

I.       Penilaian
1.    Penilaian sikap
2.    Penilaian kerjasama
3.    Penilaian diskusi
4.    Tes tulis

1 komentar: